Sunday 19 May 2013

Men's Grooming : Menyikapi Kebotakan Dini


Kebotakan merupakan salah satu problem yang akan dialami mayoritas pria seiring pertambahan umur. Yang menyebalkan jika kita mengalami kebotakan lebih cepat dari yang seharusnya dimana rambut hitam tebal yang menjadi kebanggan mulai menipis di pertengahan usia 20-an atau awal 30-an. Andapun mulai mencari-cari produk atau treatment untuk mengatasi. Baik dengan cara tradisional ataupun modern. Isi kantong ikut terkuras namun tak menampakkan hasil yang signifikan. Kulit kepala makin nampak diantara helai-helai rambut yang makin jarang.
Dari berbagai kasus, dimana salah satunya mungkin kasus anda juga, kebotakan dini sangat sulit dicegah atau diobati. Bahkan banyak referensi menunjukkan bahwa para spesialis kerontokan rambut masih belum sepaham mengenai faktor-faktor spesifik penyebab kerontokan rambut pada masing-masing individu. Itulah kami tidak akan repot-repot membahas mengenai kerontokan rambut secara ilmiah dan membahas panjang lebar bagaimana mencegah atau mengatasi penipisan rambut di kepala anda. Sebaliknya, lewat artikel ini ingin mengajak anda untuk belajar menerima dan menjadikan isu ini menjadi peluang untuk tampil beda dan menjadi kekuatan penampilan anda.
Mengutip kata bijak "the first step in tackling most issues in life is acceptance", marilah memahami perubahan yang terjadi dalam tubuh anda, dalam hal ini kerontokan rambut, kemudian terimalah ini sebagai bagian dari diri anda yang sebenarnya. Daripada menghabiskan waktu dan uang untuk mencegah penipisan rambut yang memang tidak bisa dicegah, kenapa tidak mempertimbangkan untuk merubah penampilan dengan membuang semua sisa rambut yang tipis hingga plontos. Toh sekarang ini tampil botak sudah menjadi salah satu pilihan gaya tersendiri. Anda dapat memilih apakah akan botak polos tanpa rambut atau masih menyisakan rambut tipis, dapat disesuaikan dengan bentuk kepala anda.
Anda dapat menjadikan para selebriti yang memilih gaya plontos sebagai inspirasi seperti aktor Vin Diesel, Jason Statham, Bruce Willis, Ed Norton hingga model pria seperti Tyson Beckford dan Will Devaughn. Anda bisa lihat kan, gaya plontos bisa oke untuk siapa saja. Apapun bentuk tubuh, warna kulit ataupun faktor-faktor lain yang membuat anda ragu untuk mengambil keputusan menghabiskan sisa rambut anda.

Selanjutnya jika anda sepakat untuk memilih tampil botak sebagai gaya baru , berikut beberapa tips untuk anda :
Seperti halnya kumis dan jambang, rambut kepala selalu memanjang setiap hari, rasanya tidak mungkin 3-4 hari sekali harus bolak balik ke barbershop atau salon langganan untuk mencukur rambut anda. Sebaiknya belajar melakukan sendiri dan menjadikan ini sebagai rutinitas anda. Awalnya mungkin agak sulit, tapi anda akan terbiasa seiring anda semakin mengenal bentuk dan karakter kepala sendiri. Langkah-langkah dan alat yang dibutuhkan sebagai berikut :

Langkah 1 – Pendekkan rambut dengan clipper

clipper rambut
Hair clipper
Anda hanya butuh hair-clipper yang mudah digunakan, karena selain alat ini digerakan secara elektrik, terdapat pilihan alat pengatur seberapa panjang rambut ingin disisakan. Jika anda baru akan melalukan pertama kali, pilih alat pengatur grade 4-5 untuk membuang rambut yang masih panjang kemudian lanjutkan dengan grade yang lebih kecil, atau grade 0.5 jika anda bermaksud menghabiskan rambut kepala anda hingga plontos.

Langkah 2 – Mencukur sisa rambut

Untuk menghabiskan sisa rambut hingga plontos dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan alat cukur biasa (wet-shave) atau menggunakan alat cukur elektrik (electric razor).
electric razor
Electric razors
Jika menggunakan electric razor, pastikan untuk membeli yang berkualitas baik. Sedikit mahal tidak apa-apa, karena alat cukur elektrik yang murah pisaunya cepat tumpul dan tidak nyaman digunakan. Padahal anda akan menggunakan alat ini untuk waktu yang lama bukan?
pisau cukur
Wet shaver
Jika ingin menggunakan alat cukur biasa (wet shave), pastikan anda punya sepasang pisau cukur baru sebelum memulai aktifitas mencukur kepala anda. Jika ada, lakukan aktifitas ini di bawah shower dengan air hangat, karena air hangat membantu membuka pori-pori kepala dan memudahkan anda mencukur sisa rambut. Sekali lagi aktifitas ini akan terasa sulit di awal namun lama kelamaan anda akan terbiasa.
Jika tidak memiliki shower, gunakan gel cukur yang sesuai dengan kulit anda dan mulailah mencukur dari bagian atas dan depan kepala kemudian lanjutkan ke bagian belakang dan samping.

Langkah 3 – Perawatan

Setelah selesai mencukur, bilas kepala anda dengan air dingin. Selanjutnya periksa kembali seluruh bagian kepala dengan menggunakan jari tangan, mungkin masih ada bagian-bagian rambut yang tersisa. Jika semuanya sudah tampak oke, gunakan pelembab untuk melembabkan kulit kepala dan mencegah iritasi.
Nah, sekarang anda sudah siap keluar rumah dan menebar pesona dengan penampilan baru yang fresh. Jika masih kurang yakin dengan gaya botak anda, mungkin beberapa penampilan Milan Vukmirovic berikut akan dapat menginspirasi. Vulmirovic adalah fashion-photograper handal yang juga menjadi salah satu style-icon pria karena beberapa prestasinya di dunia fashion. Ia termasuk salah satu pria paling bergaya dan menjadi target fotografer-fatografer fashion jalanan. Dan ia juga mengalami masalah dengan rambut. Namun masalah ini tak mengganggu Milan Vukmirovic sedikitpun dalam berpenampilan. Ia selalu percaya diri dan nyaman tampil dalam suasana apa saja, baik formal, smart-casual atau trendy tanpa masalah sedikitpun. Harusnya anda juga kan?


sumber : http://malezones.com/artikel/mens-grooming--menyikapi-kebotakan-dini.html

No comments:

Post a Comment